Kritik dan saran E-mail ke hkbp_slipi@yahoo.co.id

BATIN YANG DI PERBAHARUI


BATIN YANG DI PERBAHARUI
2 KORINTUS 4 : 13 – 18

“Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari kesehari”
 ( 2 Korintus 4 : 16)


Tidak ada seorang pun yang tahu keadaan batin orang lain; dan walaupun seseorang itu sudah menjadi Kristen, bukanlah jaminan bahwa batinnya sudah diperbaharui. Begitu pentingkah pembaharuan batiniah itu? Firman Tuhan dengan jelas mengatakan bahwa setiap kita pasti akan menjadi tua, dengan demikian jelas bahwa manusia lahiriah akan semakin merosot dan menjadi lemah. Tetapi bagi setiap orang percaya, ada satu pemberian Tuhan yang sangat indah, yaitu Roh kudus yang tinggal dan memenuhi hati orang percaya. Dan dengan kuasa Roh Kudus inilah batin kita akan diperbaharui dari sehari kesehari, walaupun manusia lahiriah ini semakin merosot.
Siapa pun orangnya pasti  tidak akan menyangkal bahwa tubuh ini setiap hari akan semakin bertambah tua. Memang melalui usaha atau cara-cara tertentu seseorang dapat memperlambat proses penuaan dalam batas-batas tertentu. Tetapi bagaimana pun juga, tidak ada seorang pun yang sanggup mencegah jasmani menjadi tua dan akhirnya menjadi mati. Yang menjadi pertanyaan ialah apa yang akan terjadi atas batiniah kita ini setelah manusia lahiriah ini rusak dan mati? Bagi orang percaya, pasti batiniah kita diperbaharui dari sehari kesehari. Lalu caranya bagaimana? Firman Tuhan menjelaskan:”… oleh pemandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus” (Titus 3:5b), jadi melalui kelahiran kembali di dalam Yesus Kristus dan pembaharuan oleh Roh Kudus batiniah kita akan diperbaharui.

Bila seseorang Dipenuhi Roh Kudus
Pasti Batinnya Akan Selalu Diperbaharui
 

Dengan ayat Firman Tuhan ini sekarang kita mengerti bahwa kelahiran kembali dikerjakan oleh Roh Kudus yang berdiam dalam kita. Dari doa Paulus untuk jemaat di Efesus, kita juga diyakinkan, bahwa Roh Kudus yang mengadakan peneguhan batiniah dari sehari kesehari, seperti ada tertulis, “Aku (Paulus) berdoa supaya Ia, menurut kekayaan, kemuliaanNya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh RohNya di dalam batinmu.” (Efesus 3:16).
Maka hal tersebut memang sungguh nyata, bila seseorang telah dipenuhi oleh Roh Kudus, pasti batiniahnya akan selalu diperbaharui dari sehari kesehari. Maka dengan demikian, kita akan sanggup mempertahankan rohaniah kita untuk tetap teguh dan kuat, dan apa pun keadaan yang akan kita hadapi, kita tidak akan tawar lagi. Untuk itu maju terus, dan berusaha untuk lebih maju lagi di dalam apa yang telah kita capai saat ini di dalam Tuhan Yesus Kristus. Semuanya itu agar hidup kita menghasilkan buah-buah pertobatan, yang akan menjadi berkat bagi banyak orang.
Amin. Selamat Hari Minggu !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS