Kritik dan saran E-mail ke hkbp_slipi@yahoo.co.id

Yesus Telah Bangkit

Renungan : Minggu, 4 April 2010
Minggu Paskah

Yohannes 20 : 1 – 10




Paskah adalah perayaan Kristen yang sangat sentral dan merupakan pusat iman Kristiani. Dalam 1 Korintus 15 : 14 dikatakan :“Andaikata Kristus tidak dibangkitkan maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sia jugalah kepercayaan kamu”. Bila Kristus tidak dibangkitkan, tidak ada iman, tidak ada gereja. Iman percaya orang Kristen dibangun/diletakkan di atas iman terhadap Kebangkitan Kristus. Seluruh proses penyelamatan yang dari Allah diproklamirkan ketika Yesus mengalahkan maut. Dengan KebangkitanNya dari antara orang mati, Yesus diwisuda oleh Bapa dan dinyatakan Pemenang.
Nats ini menceritakan tentang pengalaman dahsyat yang dialami oleh Maria Magdalena dan dua orang murid Yesus. Pada hari ke tiga, hari Minggu, pagi hari, Maria Magdalena pergi ke kubur dan mendapati batu penutup kubur telah terbuka. 
Dengan segera, ia memberitahukan breaking news itu pada Simon Petrus dan seorang murid yang lain, dengan asumsi : Tuhan telah diambil orang dari kuburanNya. Di kuburan mereka menemukan kain kafan dan kain peluh yang telah terbuka, mereka melihatnya dan kemudian percaya.

Kristus sudah bangkit sesuai dengan yang pernah diberitahukanNya sebelumnya kepada murid-muridNya. Kebangkitan Kristus merupakan kabar gembira bagi seluruh orang percaya. Melalui peristiwa Paskah ini, kita diajak melihat kehidupan baru yang ditawarkan oleh Yesus yang bangkit, yaitu kehidupan dalam Kasih, damai dan sukacita ; untuk menggantikan kehidupan lama kita yang dipenuhi oleh hawa nafsu, keserakahan, dan rupa-rupa kejahatan. Dengan kebangkitan Kristus kita mempunyai kuasa Allah yang mampu mengubah hidup kita untuk dibentuk seturut kehendakNya.

Kebangkitan Kristus adalah jaminan masa depan kita. Kebangkitan Kristus menjadikan kita dibangkitkan kepada hidup yang baru dan menjamin kebangkitan kita pada akhir zaman.

Milikilah kuasa Kebangkitan itu. Barangsiapa yang benar-benar berjumpa dengan kuasa Kristus yang bangkit, mengalami damai sejahtera di dalam Dia. Kuasa kemenangan itu akan membakar dan menghanguskan seluruh kedirian kita yang lama. Kita akan dilahirkan kembali menjadi manusia yang baru. Manusia yang lain sama sekali.

Ancaman dan bahaya memang tidak lalu berhenti. Iblis masih akan berjalan seperti singa yang siap melulur mangsanya. Dunia ini tidak berubah oleh Paskah akan tetapi kitalah yang diubah oleh Paskah.

Selamat berubah & Selamat Paskah !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS