Kritik dan saran E-mail ke hkbp_slipi@yahoo.co.id

Renungan


“Kerendahan Hati” (Kisah Para Rasul  10: 28 – 34)
(Oleh Pdt. Melfa Simarangkir, S.Th)

K
arakter adat atau kebiasaan yang lazim dan melekat kuat bagi seorang Yahudi adalah merasa diri “superior”, merasa lebih dari yang lain. Hal ini memang tercatat dalam Alkitab, seperti ungkapan “bangsa yang terpilih”, “bangsa yang diurapi”, membuat mereka membatasi diri terhadap orang lain. Akan tetapi segala pemberian anugerah Allah berupa karunia atau kelebihan/kemampuan yang dimiliki seseorang dalam pelayanan, tetapi tanpa karakter yang baik, dapat menjadi batu sandungan!
Dalam kitab Kisah Para Rasul 10, mencatat pertemuan antara 2 Orang seiman. Yakni  Petrus seorang Rasul dengan Kornelius, seorang Perwira pasukan/tentara Italia – yang mengasihi Allah. Kerendahan hati seorang Perwira seperti Kornelius, terlihat dari kebiasaannya/karekternya yang suka berdoa. Suatu ketika Allah melawat Kornelius ketika dia sedang berdoa. Malaikat Allah hadir, kemudian menyuruhnya untuk memanggil Simon Petrus ke kota Yope (ay. 32). Dan dalam pertemuan selanjutnya di rumah Kornelius bersama keluarga, Allah meneguhkan iman keduanya (pertemuan yang saling memberkati).
Yakinlah bahwa Firman Allah selalu baru setiap hari bagi kita, apakah teguran/berkat yang saudara dapatkan setelah membaca kisah dari pertemuan Petrus dengan Kornelius, juga memberkati saudara? atau jangan-jangan roh keragu-raguan yang berasal dari si Iblis telah lama mencurinya? Saudaraku, kerendahan hati seorang Perwira tentara seperti Kornelius mengawali pertumbuhan imannya, sikap hati yang terbuka kepada Allah lewat doa-doa, sehingga membuat Allah tak tahan untuk rela hadir, dan menyatakan Diri-Nya. Iman Kornelius ialah tidak hanya berdoa, tetapi juga mendengar, dan melakukan Firman, sehingga hamba Allah, Rasul Petrus sampai di rumahnya. Andaikan Kornelius tidak berdoa, mungkin Malaikat Allah tidak hadir, juga, andaikan Petrus tidak datang, mungkin Petrus tidak mendengar kesaksian Kornelius, sehingga Petrus diberkati, dan membuatnya tidak lagi sombong rohani, diingatkan bahwa Malaikat Allah juga berkenan hadir melawat Kornelius seorang yang non-Yahudi.
Hari ini, Firman Tuhan sedang menyapa kita, apakah jabatan atau pangkat/gelar yang Saudara dapatkan telah membuatmu memuaskan diri tetapi jauh dari Tuhan? atau mungkin Saudara sedang berpikir, bagaimana mungkin Tuhan mau memakai hidup saya ini untuk menjadi berkat? Ketahuilah, iman Kornelius dalam Kis. 10 tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi iman yang dimiliki Kornelius juga telah menyelamatkan seluruh anggota keluarganya, bahkan termasuk memberkati iman Petrus sendiri, seorang Rasul yang sedang dipakai Tuhan saat itu.
  Rindukan berkat iman Kornelius juga melanda hidup Saudara. Jika Allah sendiri tidak membeda-bedakan orang, maka kita pun di arahkan Firman Allah agar tidak pernah membedakan orang (ay. 34, b). Rendahkan hati dan tinggikan Allah, supaya Dia saja  yang mempromosikan hidup Saudara.

“Sebab barang siapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barang siapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.” (Luk. 14: 11). Amin

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Warta 5 September 2010


WARTA JEMAAT - MINGGU 05 SEPTEMBER 2010
1.              BERITA DUKA
Telah meninggal dunia St. Drs. Hasoloan Silalahi, suami dari  Ibu Hormauli br. Manik pada hari Minggu, tanggal 29 Agustus 2010 usia 66 tahun. Telah dimakamkan pada hari Selasa tanggal 31 Agustus 2010 di TPU Tanah Kusir Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Majelis dan jemaat HKBP Slipi “Turut Berduka”, semoga keluarga yang ditinggalkan semakin dikuatkan di dalam Tuhan Yesus.
2.              PERNIKAHAN
Pengumuman I : Akan menerima pemberkatan nikah Sdr. Mario Jeferson Hutajulu putra dari Bpk. M. James Hutajulu/ Ibu Theodora br. Lumban Tobing anggota jemaat Wil. V alamat Jln. Bangka IX No. 22-A RT 01/012 Mampang Jakarta Selatan dengan tunangannya Sdri. Imelda Agustin br. Hutapea putri dari Bpk. Batara Hutapea/ Ibu Ida Sondang br. Lumban Tobing anggota jemaat GKI Kebayoran Baru alamat Jln. Lobak I Blok L No. 40 Kel. Cinere Sawangan Jakarta Selatan. Pemberkatan nikah akan dilangsungkan pada hari Sabtu, 24 September 2010 pukul 09.00 WIB di GKI Kebayoran Baru.
3.              RAPAT SINODE GODANG AMANDEMEN HKBP
Rapat Sinode Godang Pendeta HKBP akan dilaksanakan pada hari Selasa s/d Kamis tanggal 14 September 2010 s/d 16 September 2010 di Seminarium Sipoholon Tarutung yang diikuti oleh Pdt. Charles Tambunan, S.Th dan Pdt. Bilman Simanungkalit, S.Th. Setelah pembacaan warta ini akan dibacakan Surat dari Ephorus mengenai hal tersebut.
4.              PERSEMBAHAN KE DEPAN ALTAR
Hari ini setelah selesai khotbah kita akan mengantarkan persembahan ke depan altar sebagai Pelean tu Ulaon Pahembanghon Ibadah/Musik.
5.              KUNJUNGAN GEREJANI
Hari ini NHKBP Slipi mengadakan kunjungan gerejani ke HKBP Jakarta Kota dalam rangka memeriahkan Parheheon NHKBP Jakarta Kota. Mereka akan mempersembahkan lagu-lagu pujian dalam kebaktian tersebut. Marilah kita doakan agar kunjungan tersebut berjalan dengan baik.
6.              JEMAAT SAKIT
a.                Bpk. Toga Siagian anggota jemaat Wil. V dirawat di RS Pelni Ruang Mawar Kamar 320 Lantai 3.
b.               Leopold Naibaho putra dari Bpk. Ricardo Paroloan Naibaho anggota jemaat Wilayah  VI dirawat di RS Pelni Ruang Melati Kamar 402.
c.                Calon Sintua Kelly br. Hutajulu Istri dari Bpk. Tagor Tambunan anggota jemaat Wil. VI, dirawat di RS Cikini Ruang L Kamar 3 Jakarta Pusat.
Mari kita doakan agar para anggota jemaat kita tsb segera pulih dan kembali beribadah di gereja kita.
7.              KEBAKTIAN/SERMON PUNGUAN USIA INDAH
Hari Rabu tanggal 8 September 2010 akan diadakan Kebaktian Usia Indah, bertempat di Gereja HKBP Slipi mulai pukul 15.00 WIB. Warta ini mengingatkan dan mengajak Bapak/Ibu yang lanjut usia, untuk menghadiri kebaktian tersebut. Pembacaan Firman Tuhan dari  Matius  9 : 6 ~ 8. Warta ini sebagai upaya untuk mengingatkan dan mengajak Bapak/Ibu yang sudah lanjut usia, baik anggota aktif maupun yang belum anggota Usia Indah, untuk menghadiri kebaktian tersebut.
8.              LOMBA CERDAS CERMAT ALKITAB KELUARGA
Hari ini setelah selesai kebaktian pagi akan diadakan Lomba Cerdas Cermat Alkitab di Gereja HKBP Slipi. Adapun bahan yang diambil yaitu dari Kitab Daniel dan Kisah Para Rasul. Panitia mengucapkan terima kasih kepada jemaat yang berpartisipasi dalam perlombaan tersebut.
9.              RAPAT PANITIA HUT KE-47 HKBP SLIPI
Rapat Panitia HUT ke-47 HKBP Slipi akan dilaksanakan hari ini setelah selesai kebaktian bertempat di ruang Sekolah Minggu. Mengingat pentingnya rapat tersebut, dihimbau kepada seluruh Panitia untuk mengikuti rapat dimaksud. Warta ini sebagai undangan resmi.
10.       MEMBANGUN SEMANGAT BERJEMAAT
Melihat persoalan/masalah yang dihadapi oleh warga jemaat HKBP Slipi pada akhir-akhir ini, baik itu masalah rumah tangga, persoalan anak-anak, yang berpeluang untuk menghambat kehadiran jemaat untuk datang mengikuti ibadah di gereja. Maka untuk menanggulangi masalah di atas Panitia HUT ke-47 HKBP Slipi bidang/seksi Pendidikan akan mengadakan ceramah pada hari Minggu, 12 September 2010 pukul 12.00 WIB bertempat di Gereja HKBP Slipi. Topik “Membangun Semangat Pelayanan di Tengah-tengah Jemaat” oleh Bpk. Pdt. DR. Edison Munthe, M.Th (Ephorus Emeritus GKPS-Gereja Kristen Protestan Simalungun). Panitia sangat mengharapkan kehadiran jemaat untuk mengikuti ceramah tersebut. Atas perhatiannya, Panitia mengucapkan terima kasih.
11.       PPD XXI JAKARTA 3
Sesuai dengan No. Surat 16/PPD.XXI-Jkt 3/UND/VIII/2010, Persekutuan Parompuan HKBP Distrik XXI Jakarta 3 mengundang Punguan Parompuan HKBP Slipi untuk menghadiri Pertemuan Kebaktian Rutin yang dilaksanakan pada hari Selasa, 21 September 2010 pukul 10.00 WIB di Gereja HKBP Ressort Swasembada Jln. Swasembada Timur No. 4 Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Kebaktian Rutin dan Perlombaan Renungan. Ayat-ayat yang diperlombakan :
a.                Mazmur 50 : 15                 c. Matius 5 : 7                     e. Yohanes 6 : 35
b.               1 Korintus 15 : 58                              d. Lukas 1 : 37                    f.  Roma 12 : 7      g. Amsal 31 : 10
Ayat tersebut dipilih salah satu dengan waktu untuk membawakan renungan adalah 5 menit. Setiap Ressort diwakili 1 orang peserta. Biaya pendaftaran Rp 100.000,-. Warta ini menjadi pemberitahuan resmi.
12.       BIMBINGAN BELAJAR
Gereja HKBP Slipi akan mengadakan kegiatan Bimbingan Belajar khususnya kepada anak-anak yang masih duduk di Sekolah Dasar. Mata Pelajaran yang akan diajarkan adalah Matematika, Bahasa Inggris, IPA, & IPS. Kepada 15 orang anak yang telah mendaftar bimbingan/tambahan belajar tsb agar setelah selesai kebaktian pagi hari ini, agar berkumpul dan bertemu muka dengan Guru Pembimbing di Kantor Sekretariat HKBP Slipi. Kegiatan BIMBEL akan dimulai awal September bulan ini.
13.       REKENING PANITIA HUT KE-47 HKBP SLIPI
Berdasarkan SK Pendeta Ressort HKBP Slipi No. 04/02.4/VII/2010, tanggal 25 Juli 2010 tentang Pembentukan Panitia Pesta HUT ke-47 HKBP Slipi, dalam rangka pengumpulan dana untuk biaya pengembangan ruang konsistori dan operasional Gereja Tahun 2010/2011,dimohon bagi jemaat yang ingin memberikan sumbangan/bantuan dapat melalui Rekening Panitia atas nama Bendahara : Kelly Rita Hutajulu, Bank Mandiri KCP Jakarta Slipi Jaya 11621, No. Rekening 116-00-0607874-6.
14.  JAMUAN  KASIH 
Jamuan kasih setelah kebaktian Minggu pagi dan sore tgl 5 September 2010 disediakan oleh NN (Ucapan syukur Ulang Tahun ke 70 Thn). Majelis dan jemaat HKBP Slipi mengucapkan “Terima Kasih” atas jamuan tersebut. Bagi jemaat yang ingin memberikan jamuan kasih untuk Minggu berikutnya dapat menghubungi kantor Sekretariat.
Himbauan : Karena saat ini adalah bulan Puasa bagi umat agama Islam, dihimbau kepada seluruh anggota jemaat HKBP Slipi pada saat Makan Jamuan Kasih untuk menjaga kenyamanan saudara-saudara kita yang sedang berpuasa. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS