Kritik dan saran E-mail ke hkbp_slipi@yahoo.co.id

Renungan


OBYEKTIFLAH MENILAI !
Matius 7: 1-5

K
ata ”menghakimi” dalam bahasa Batak Toba adalah manguhumuhumi. Dalam Alkitab berbahasa Inggris (KJV) istilah yang dipakai adalah to judge. Dalam bahasa Yunani Koine: krinein (baik seperti yang dilakukan seorang hakim dalam ranah hukum/pengadilan maupun dalam kehidupan/masalah pribadi). Dalam Alkitab terjemahan lama, kata yang digunakan adalah menuduh. 
Kita sering menghakimi. Atas pekerjaan orang lain kita menghakimi. Atas kebiasaan berpakaian orang lain kita menempatkan diri selaku seorang hakim. Atas rumah tangga orang lain pun kita merasa berkuasa menghakimi, bahkan tentang suaminya, istrinya bahkan anaknya. Padahal perlakuan ini seringkali tidak berdasarkan kenyataan yang sebenarnya. Sudut pandang kita dalam melakukan penilaian itu sering kali tidak jernih. Ada sesuatu dalam diri kita, baik emosi maupun sikap apriori, yang membuat penilaian itu tidak obyektif. Yesus menggambarkannya dengan jenaka: bagaimana kamu bisa dengan jelas melihat selumbar di mata orang lain sementara matamu sendiri tertutup dengan balok (!).
Penilaian kita tentang sesuatu memang sering tercampur dengan subyektivitas. Karena tidak suka kepada seseorang, maka penilaian kita terhadap orang itu pasti salah. Karena berbeda agama kita cenderung lebih membela si Obed (Robert) daripada si Acang (Hasan) dalam kasus konflik Ambon dulu. Karena satu marga atau satu kumpulan marga, kita lebih toleran terhadap seseorang daripada dengan seseorang dari marga lain. Harus kita akui dengan jujur bahwa di dalam gereja HKBP ini pun kita sering tidak menunjukkan kedewasaan dalam melakukan penilaian.
Maka kita pasti terdiam merenung setiap kita mengingat apa yang dilakukan Tuhan Yesus ketika kepada-Nya diseret seorang perempuan yang tertangkap basah melakukan perzinahan (Yohanes 8). Pada saat yang sangat kritis itu Yesus berkata, ”Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu."
Suatu sikap yang sangat mulia serta bijaksana yang perlu kita ingat setiap keinginan menghakimi timbul dalam diri kita. Yesus tidak pernah mentolerir dosa termasuk perzinahan. Akan tetapi Yesus juga mengajar kita untuk obyektif menilai. Sikap apriori, pandangan yang merendahkan, termasuk keinginan menjebak, tidak boleh menjadi dasar untuk menghakimi apalagi mencelakakan serta membunuh. Kita tidak cukup benar dan suci untuk menghakimi dan menjatuhkan hukuman.
Kita meyakini bahwa sikap dan ajaran Yesus ini tidak bermaksud untuk menghentikan upaya pengadilan. Akan tetapi ajaran ini sangat bagus untuk mengingatkan orang-orang yang bergelut dengan peradilan supaya lebih dahulu membersihkan diri sendiri. Karena bagaimanakah lap kotor dapat membersihkan? Bagaimanakah hakim korup dapat memberantas korupsi? Bagaimanakah pendengki dengan hati yang tidak bersih dapat membereskan permasalahn?

Selamat Hari Minggu !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Warta 1 Agustus 2010


WARTA JEMAAT - MINGGU 1 Agustus 2010
1.              KUNJUNGAN GEREJAWI
Pada hari Minggu tanggal 8 Agustus 2010 Gereja kita akan menerima kunjungan Punguan Koor Ina HKBP Kapuk dan membawakan Lagu-lagu pujian di tengah-tengah kita, dan kita akan mengumpulkan persembahan melalui AMPLOP yang telah disediakan sebagai Persembahan Kasih untuk membantu pembangunan Gereja HKBP Kapuk tersebut.
2.              ANGGOTA JEMAAT SAKIT
a.               St. Ev. D. Hutajulu anggota jemaat Wilayah IV dirawat di RS Pelni Ruang Kenanga ;
b.              Ny. Ambarita br. Rajagukguk anggota jemaat wilayah III dirawat di RS. PELNI  Ruang Mawar ;
c.               Naomi br. Sitorus (putri Bpk Casi Alfian Sitorus) anggota jemaat Wil VI dirawat di RS Pelni Ruang Cempaka No. 2. Marilah kita doakan kiranya Tuhan Yesus memberikan kesembuhan bagi ketiga jemaat tsb.
3.              KEBAKTIAN / SERMON  PUNGUAN  USIA INDAH
Hari Rabu tanggal 04 Agustus 2010 akan diadakan Kebaktian Usia Indah, bertempat di Gereja HKBP Slipi mulai pukul 16.00 WIB. Warta ini mengingatkan dan mengajak Bapak/Ibu yang lanjut usia, untuk menghadiri kebaktian tersebut. Pembacaan Firman Tuhan dari  1 Petrus 4 : 9 – 10.
4.          KEBAKTIAN WILAYAH
Kebaktian Wilayah akan dilaksanakan pada hari Jumat, tgl 6 Agustus 2010 pada pukul 19.30 WIB yaitu :
a.           Wilayah I  di rumah Kel. P. Silitonga/br. Lumban Tobing, alamat Jln. Tanjung Duren Selatan I  Gg 8 No. 35 RT 009/02 Jakarta Barat;
b.         Wilayah II  di rumah keluarga Ny. Pardede Eva br. Tambunan, alamat Kota Bambu Utara II RT 006/09 No. 2 Telp. (021) 5653860.
Dihimbau kepada seluruh anggota jemaat di kedua lingkungan tersebut untuk mengikuti kebaktian dimaksud.
5.              LATIHAN VOKAL PUNGUAN PAROMPUAN
Sie Pendidikan dan Sie Koor Punguan Parompuan HKBP Slipi mengajak kaum perempuan (para ibu) untuk mengikuti latihan vokal setiap hari Selasa pukul 17. 00 s/d 20.00 bertempat di gereja HKBP Slipi yang dipimpin oleh Bpk. Victor Purba. Bagi jemaat yang berminat dapat mengikuti kegiatan tersebut.
6.              PERSEMBAHAN KE DEPAN ALTAR
Hari ini setelah selesai khotbah, kita akan mengantarkan persembahan ke depan altar sebagai Pelean ke Lembaga Sekolah Guru Huria, Sekolah Bibelvrouw, dan Pendidikan Diakones.
7.              KEBAKTIAN PADANG PWD XXI JAKARTA 3
Persekutuan Wanita HKBP Distrik XXI Jakarta 3 mengundang Punguan Ina HKBP Slipi untuk mengikuti Kebaktian Padang di Bogor, Jawa Barat pada hari Selasa tanggal 3 Agustus 2010 berangkat pukul 08.00 WIB dari Gereja HKBP Slipi. Untuk keterangan lebih lengkap dapat menghubungi Ketua Punguan Ina (Ny. St. R. K. Ginting Suka/br. Sipahutar).
8.              KEBAKTIAN PA R&NHKBP
Pada hari Sabtu tanggal 7 Agustus 2010 Remaja & Naposobulung HKPB Slipi akan mengadakan Kebaktian PA (Pendalaman Alkitab) mulai pukul 18.00 WIB di Gereja HKBP Slipi. Thema “Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia (Yakobus 1 : 12)”. Untuk itu dihimbau kepada seluruh anggota jemaat HKBP Slipi khususnya para remaja dan naposobulung untuk mengikuti kebaktian tersebut. Warta ini menjadi pemberitahuan resmi.
9.              HUT KE 47 HKBP SLIPI
a.       Sehubungan hari Pelaksanaan Perayaan Pesta HUT ke 47 HKBP Slipi Tahun 2010 yang sudah semakin dekat, BPH Panitia Pesta mengundang para Ketua-ketua Seksi beserta seluruh anggotanya untuk mengikuti rapat hari ini setelah selesai kebaktian minggu pagi (pukul 12. 00 WIB) bertempat di gereja ini. Secara khusus kepada Seksi Acara, Seksi Dana serta seksi Perlombaan sangat diharapkan kehadirannya pada rapat tersebut. Warta ini menjadi pemberitahuan resmi. Setelah pembacaan warta jemaat Ketua Panitia HUT 47 HKBP Slipi akan menyampaikan kata sambutan.
b.      Mulai hari ini dan pada setiap minggu berikutnya, Panitia HUT ke-47 HKBP Slipi akan mengedarkan Amplop Khusus untuk persembahan kasih dalam rangka mendukung program dan kegiatan HUT HKBP SLIPI Tahun 2010.
10.       PAGELARAN OPERETTE MUSIKAL
Paduan Suara Anggelos HKBP Wilayah Jakarta Utara Distrik XXI Jakarta 3 akan melaksanakan Pagelaran Musikal dan Operette dengan Thema : “The Power Of Love, Peace and Thanksgiving,” dan Sub Thema : “Pujilah Tuhan hai jiwaku, jangan lupakan segala kebaikan-Nya (Mazmur 103 : 2)”. Yang akan diadakan di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta pada hari Minggu tgl 22 Agustus 2010 pukul 19.00 WIB. Misi Pagelaran ini adalah untuk memberikan pelayanan Marturia berupa bantuan kasih bagi Panti Asuhan Elim HKBP, Panti Asuhan di wilayah Jakarta Utara, kaum marginal dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Marilah kita dukung kegiatan tersebut agar dapat berjalan lancar dan sukses. Tuhan Yesus memberkati.
11.       KERJASAMA MARTURIA SE-JABODETABEK
Yayasan Kesehatan HKBP bekerjasama dengan Tim Dokter Rumah Sakit PGI Cikini dan Badan Kerjasama Marturia HKBP se Jabodetabek akan melakukan Pelayanan Pengobatan Gratis dan Kunjungan Kasih ke Bonapasogit (Pearaja-Sipoholon, Balige, Muara, Samosir) pada tanggal 13 Agustus s/d 22 Agustus 2010. Marilah kita doakan agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan diberkati Tuhan Yesus Kristus.
12.       JAMUAN  KASIH

Jamuan kasih setelah kebaktian Minggu, 01 Agustus 2010 disediakan oleh Ny. Pardede br. Sianipar, Wil III. Majelis dan jemaat HKBP Slipi mengucapkan “Terima Kasih” atas jamuan tersebut. Bagi jemaat yang ingin memberikan jamuan kasih untuk Minggu berikutnya dapat menghubungi kantor Sekretariat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Renungan


MENIKMATI HIDUP PEMBERIAN ALLAH
(Pengkhotbah 6 : 1 – 12)

I
nti kitab Pengkhotbah (Qohelet = Ibrani) adalah kesia-siaan. Dalam pasal 1 : 2 dikatakan segala sesuatu adalah sia-sia. Apakah pengarang Kitab Pengkhotbah ini seorang yang pesimis, putus asa dan tidak memiliki pengharapan sehingga ia mengatakan segala sesuatu adalah sia-sia? Tidak! Kitab ini sebenarnya adalah kritik terhadap sekularisme (paham yang mengatakan bahwa dunia ini adalah segala-galanya) dan terhadap agama yang disekularkan (agama yang cenderung terlalu duniawi). Paham sekularisme mencoba membangun masyarakat yang sempurna di dunia ini, sehingga tidak memperhatikan bahwa di dunia ini ada kemalangan, maut sebagai konsekuensi dosa manusia (bd Kejadian 3: 17 – 19).
         Mata Pengkhotbah sepenuhnya terbuka terhadap kesia-siaan dan kecurangan yang kepadanya seluruh mahkluk telah takhluk (Roma 8 : 20 – 22). Tujuan kitab Pengkhotbah ini adalah untuk menghilangkan semua harapan palsu yang menyesatkan, yang menguasai pikiran-pikiran manusia.
         Kecenderungan yang dicari manusia di dunia ini adalah harta, keturunan yang banyak (hagabeon), panjang umur dan ini dinilai sebagai karunia besar (bd Kejadian 24 : 60 ; Mazmur 127 : 3 – 5 ; Keluaran 20 : 12). Tetapi ada orang yang dikaruniai kekayaan oleh Allah sampai tidak kekurangan suatupun yang diinginkannya, tetapi tidak dikaruniai kuasa oleh Allah untuk menikmatinya. Ini adalah kesia-siaan dan penderitaan. Kuasa untuk menikmati kekayaan bukan pada pemilik (manusia) melainkan pada Allah. Tanpa perkenanan Allah manusia tidak dapat menikmati hartanya. Tragedi bisa datang, apakah itu perang, apakah itu bencana alam, sakit penyakit, dll lalu harta itu lenyap atau diambil orang lain.  Kenyataan seperti itu adalah kemalangan, penderitaan yang pahit dan itulah kesia-siaan.
         Disamping itu, membuat kekayaan, keturunan banyak, umur panjang untuk memuaskan keinginan adalah usaha menjaring angin (kesia-siaan), karena keinginan manusia tidak terpuaskan oleh semuanya itu. Segala jerih payah untuk memuaskan keinginan mendatangkan kemalangan dan penderitaan. Semakin besar keinginan, semakin panjang waktu untuk memuaskan keinginan. Itu berarti semakin besar kemalangan dan penderitaan pahit yang dialami manusia. Bagi Pengkhotbah, anak gugur lebih baik daripada orang seperti itu. Alasannya anak gugur lebih tenteram, tidak mengalami perkara hidup yang sia-sia. Dengan kata lain, anak gugur tidak sempat mengalami kemalangan dan penderitaan pahit karena tidak berjerih payah untuk memuaskan keinginannya.
      Tuhan menghendaki agar kita menikmati kesenangan hidup yang diberikanNya, yaitu hidup yang tenteram. Hidup yang tenteram dapat diperoleh manusia dengan hikmat. Dengan takut akan Tuhan orang memperoleh hikmat (bd Amsal 9 : 10). Orang berhikmat tahu bersikap dan berlaku sepantasnya terhadap kekayaan, keturunan yang banyak (hagabeon) dan umur panjang, sehingga menikmati hidup yang tenteram (bd Pengkhotbah 5 : 6).
            Kehidupan yang mementingkan kekayaan dan diri sendiri yang terpisah dari Allah adalah kesia-siaan. Kekayaan, keturunan banyak dan panjang umur tidak dapat mendatangkan kepuasan jiwa manusia. Tuhanlah yang dapat memuaskan jiwa manusia sehingga tenteram ( Mazmur 103 : 5).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Warta 18 Juli 2010


WARTA JEMAAT - MINGGU 18 JULI 2010
1.          ANAK LAHIR
Pada hari Sabtu tanggal 10 Juli 2010, Tuhan telah mengaruniakan seorang anak laki-laki pada Keluarga Bpk. Rudi Manimbul Ganda Sihombing/Ibu Lamtiur br. Pasaribu anggota jemaat Wil. VII alamat Petamburan V RT 07/08 No. 35 Jakarta Barat. Majelis dan jemaat HKBP Slipi mengucapkan “Selamat” atas kelahiran anak tersebut.
2.          BERITA DUKA
Telah meninggal dunia Ny. Marpaung Nursia br. Siahaan ibu dari Pdt. Pantas Marpaung, S.Th pada hari Selasa tanggal 13 Juli 2010 pada usia 88 tahun. Telah dimakamkan pada hari Rabu tanggal 14 Juli 2010 di TPU Pondok Rangon Jakarta Timur.
Majelis dan jemaat HKBP Slipi “Turut Berduka”, semoga keluarga yang ditinggalkan semakin dikuatkan di dalam Tuhan Yesus Kristus.
3.            ANGGOTA JEMAAT BARU
Gereja HKBP Slipi menerima anggota jemaat baru yaitu :
a.         Keluarga Bapak Bukti Martupa Siahaan/Ibu Hotmaida br. Simanjuntak beserta dengan 1 putra dan 1 putri, datang dari HKBP Tampahan Ressort Tampahan Distrik XI Tobahasundutan menjadi anggota jemaat HKBP Slipi Wil. VI alamat Kemanggisan Raya RT 05/10 No. 53 B Jakarta Barat.  
b.         Keluarga Bapak Marlon Silitonga, SH/Ibu Mesra br. Sinaga, datang dari Gereja Kristen Indonesia Sumatera Utara Medan menjadi anggota jemaat wilayah I HKBP Slipi, alamat saat ini  Jln. Kebon Raya II No. 5 Duri Kepa Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat.
Majelis dan jemaat HKBP Slipi mengucapkan “Selamat Datang” di Gereja HKBP Slipi. Tuhan Yesus memberkati.
4.           SUMBANGAN INVENTARIS
Gereja HKBP menerima sumbangan dari NN berupa Kursi untuk Anak Sekolah Minggu sebanyak 20 buah. Majelis dan jemaat HKBP Slipi mengucapkan “Terima Kasih” atas sumbangan yang diberikan. Tuhan Yesus memberkati.
5.              BKS WANITA KRISTEN PROTESTAN – KATOLIK JAKARTA BARAT
Badan Kerjasama Wanita Kristen Protestan – Katolik Wilayah Jakarta Barat II mengundang Punguan Ina HKBP Slipi untuk mengikuti Kebaktian Bulan Juli pada hari Selasa tanggal 20 Juli 2010 pukul 10.00 WIB di Gereja Kristus Petamburan Jln. K. S. Tubun Raya No. 2 Jakarta Barat. Warta ini menjadi undangan resmi.



6.              KEBAKTIAN WILAYAH
Hari Jumat, tanggal 23 Juli pukul 19.30 WIB akan diadakan Kebaktian Wilayah di :
a.           Wilayah VIII di rumah Kel. Justin Simanjuntak/br. Siagian alamat Jln. Sasak II No. 4 RT 03/02 Kelapa Dua Kebun Jeruk, Jakarta Barat Telp 5482829.
b.          Wilayah VII, di rumah Kel. St. Drs. M. Siahaan/ br. Tampubolon alamat Jln. Aipda K. S. Tubun Raya No. 98 Komplek PELNI RT 013/01 Petamburan Jakarta Barat.
Dihimbau kepada jemaat yang berada di kedua wilayah tersebut untuk mengikuti kebaktian yang dimaksud.
7.              KEBAKTIAN PADANG LANSIA
Kebaktian Padang LANSIA direncanakan pada hari Rabu tanggal 21 Juli 2010 di Taman Impian Ancol Jakarta Utara. Bus disediakan dan berangkat dari Gereja HKBP Slipi pada  pukul 09.30 WIB. Untuk itu dihimbau kepada jemaat LANSIA yang ingin ikut serta dapat mendaftar ke Sekretariat HKBP Slipi.
8.          JAMUAN  KASIH
Jamuan kasih setelah kebaktian Minggu, 18 Juli 2010 disediakan oleh Gereja HKBP Slipi. Bagi jemaat yang ingin memberikan jamuan kasih untuk Minggu berikutnya dapat menghubungi kantor Sekretariat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Renungan


BUKAN TANPA PEMBALASAN!
. . . telah terdengar teriakan besar, karena upah yang kamu tahan dari buruh yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan semesta alam keluhan mereka yang menyabit panenmu. Dalam kemewahan kamu telah hidup dan berfoya-foya di bumi,
kamu telah memuaskan hatimu . . . .
Jak 5: 4-5a

N
as khotbah hari ini berbicara tentang ancaman Tuhan bagi mereka orang-orang kaya yang tidak adil terhadap orang-orang kecil di sekelilingnya. Jadi sekarang hai kamu orang-orang kaya, menangislah dan merataplah atas sengsara yang akan menimpa kamu! (ayat 1). Selain soal upah, ancaman itu berkaitan juga dengan pembungkaman kebenaran. Kamu telah menghukum, bahkan membunuh orang yang benar dan ia tidak dapat melawan kamu. (ayat 6). Ketimpangan dalam materi dan kekuasaan menghadirkan kesewenang-wenangan. Masih jelas di telinga kita apa yang disuarakan Dewan Gereja-gereja se-Dunia lewat AGAPE (Alternative Globalization Adressing People and Earth), tentang bagaimana negara-negara kaya di dunia ini bersama-sama dengan lembaga keuangan dunia seperti IMF (International Monetary Fund) dan WB (World Bank) memanfaatkan keadaan di negara-negara berkembang untuk keuntungan mereka sendiri. Dokumen itu menulis tentang transfer sumber-sumber daya dari Selatan (negara-negara berkembang) ke Utara (negara-negara kreditor / kaya) untuk membayar hutang atau pinjaman mereka. Tahun 1982 Selatan menerima 927 miliar dolar berupa bantuan, kredit, investasi serta pinjaman dan tahun 1990 harus membayar kembali 1,3 triliun dolar untuk bunga dan pokok pinjaman. Sesudah 8 (delapan) tahun, negara-negara debitur seperti Argentina, Zambia dan termasuk Indonesia bukannya lepas dari kemelut perekonomian mereka, malah sebaliknya lebih dalam terikat utang daripada sebelum mendapat pinjaman dari negara-negara kaya tersebut.
Hari ini (Jumat, 9 Juli 2010) Kompas memuat berita tentang teror dan penganiayaan yang dialami seorang aktivis gerakan anti-korupsi. Aktivis tersebut berusaha membongkar korupsi di kalangan kepolisian. Entah ada hubungannya, orang tersebut mengalami luka parah akibat apa pemberitaannya.
Kutipan di atas hanyalah dua contoh di antara begitu banyak kasus di mana orang-orang kaya dan penguasa salah dalam menggunakan materi dan kekuasaan yang diberi Tuhan kepada mereka. Yang seharusnya apa yang mereka terima musti digunakan untuk keadilan dan kesejahteraan kebanyakan manusia malah mereka gunakan untuk penindasan dan kenikmatan mereka semata.
Maka Tuhan mengingatkan kita bahwa atas apa yang kita lakukan dalam hidup ini terhadap orang-orang kecil, semua itu bukan tanpa pembalasan. Allah sendiri yang bertindak untuk membela orang-orang kecil dan melawan orang-orang kaya penindas yang tahunya hanya hidup bermewah-mewah di atas penderitaan dan ketidak-adilan.
Saatnya kini para pemodal (kapitalis) dan orang beruang melihat para buruh sebagai mitra usaha, bukan selaku alat yang dapat diperlakukan sekehendak hati.
Selamat Hari Minggu !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Warta 11 Juli 2010


WARTA JEMAAT - MINGGU 11 JULI 2010
1.           ANAK LAHIR
Pada hari Rabu, tgl 7 Juli 2010 Tuhan telah mengaruniakan seorang anak perempuan kpd Kel. Bpk. Winston Siahaan/Ibu Esra br. Silitonga anggota jemaat Wil. I alamat Jln. Tanjung Duren Selatan Gg. 8 No. 3 Jkt Brt. Majelis & jemaat HKBP Slipi mengucapkan “Selamat” atas kelahiran anak tersebut.
2.           SAKRAMEN BAPTISAN KUDUS
Hari ini akan diadakan Baptisan Kudus kepada Immanuel Hasiholan Timnat Heres Tambun dan Carol Evelyn Wotyola br. Tambun, anak dari Bpk. Yosua Sondang Apriyanto Tambun/Ibu Rumiris Yuliana br. Simorangkir anggota jemaat wil. VI alamat Komplek Migas G1 No. 61 Kemanggisan Ilir III RT 008/01 Jakarta Barat.
3.          PERNIKAHAN
Pengumuman II : Akan menerima pemberkatan nikah Sdr. Sabam Fredy Siagian, S.Sos putra dari Bpk. St. Drs. Constantin A. Siagian/Ibu Nursia br. Simanjuntak anggota jemaat Wil. I alamat Jln. Way Seputih IV No. 3 RT 003/01 Komp. Pengairan dengan tunangannya Hendrika Margie Tiurma Dogu br. Simanjuntak, SE putri dari Ny. St. B. Simanjuntak br. Sitorus alamat Jln. Mayor Jend. Sutoyo No. 49 Yogyakarta. Pemberkatan Nikah akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Juli 2010 pukul 09.00 WIB di Gereja HKBP Jatiwaringin Jakarta Timur.
4.               JEMAAT SAKIT
Saat ini Chrissy Gracia br. Lumban Tobing & Christopher Nathanael Lumban Tobing, anak dari Bpk. Douglas Noach Marsahala Lumban Tobing anggota jemaat Wil. I sedang dirawat di RS Royal Taruma Jakarta Barat Kamar 362 Lantai 4 Pav. Zimcron. Marilah kita doakan agar kedua jemaat tersebut segera dipulihkan oleh Tuhan Yesus Kristus.
5.               PERSEMBAHAN KE DEPAN ALTAR
Setelah selesai khotbah kita akan mengantarkan persembahan ke depan altar untuk keperluan Pelean tu Ulaon Hatopan Pusat.
6.               KEBAKTIAN WILAYAH
Hari Jumat, tanggal 16 Juli pukul 19.30 WIB akan diadakan Kebaktian di :
a.          Wilayah VI di rumah Kel. Ny. Sitinjak br. Sinaga alamat Asrama Polri Palmerah No. 26 RT 001/14 Kel. Palmerah Jakarta Barat Telp. 021-5362181.
b.         Wilayah IV di rumah keluarga Ny. J. Siagian br. Panjaitan alamat Jln. Kemanggisan Utama Raya RT 016/08 No. 90 Jakarta Barat Telp 5320274. Dihimbau kepada jemaat yang berada di kedua wilayah tersebut untuk mengikuti kebaktian dimaksud.
7.               KUNJUNGAN GEREJAWI
Hari ini Paduan Suara Manna mengadakan Kunjungan Gerejawi ke HKBP Pulo Mas Jakarta Timur. Dalam kunjungan tersebut mereka akan mempersembahkan lagu-lagu pujian untuk kemuliaan nama Tuhan. Marilah kita doakan agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik. Kiranya Tuhan Yesus menyertai dan memberkati kunjungan tersebut.
8.            SOSIALISASI PENYAKIT KANKER
Yayasan Peduli Kanker Indonesia akan mengadakan Sosialisasi dengan Thema “Mengenal dan Mencegah Kanker Sedini Mungkin” pada hari Kamis, tanggal 15 Juli 2010 pukul 15.00 WIB bertempat di Gereja HKBP Slipi. Dihimbau kepada jemaat untuk ikut serta mengikuti penyuluhan tersebut khususnya bagi kaum perempuan. Warta ini menjadi pemberitahuan resmi.
9.           KEBAKTIAN PADANG LANSIA
Kebaktian Padang LANSIA direncanakan pada hari Rabu tanggal 21 Juli 2010 di Taman Impian Ancol Jakarta Utara pukul 10.00 WIB. Untuk itu dihimbau kepada jemaat LANSIA yang ingin ikut serta dapat mendaftar ke Sekretariat sampai tanggal 14 Juli 2010.
10.       JAMUAN  KASIH
Jamuan kasih setelah kebaktian Minggu, 11 Juli 2010 diberikan oleh Kel. Bpk. H. J. Hutagaol/Ibu Pdt. Tiurlan br. Sitompul, Wil VII (Ucapan Syukur Ulang Tahun Pdt. Tiurlan br. Sitompul ke 64 dan Ulang Tahun Ariel Tobing ke 10). Majelis dan Jemaat HKBP Slipi mengucapkan terima kasih atas jamuan tersebut. Bagi jemaat yang ingin memberikan jamuan kasih untuk Minggu berikutnya dapat menghubungi kantor Sekretariat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Renungan


“…Ingat Pelangi Bukti Janji Kasih-Nya”
(Kej. 9: 8 – 17)
­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­
P
ernahkah Saudara mendapatkan ‘Kartu Garansi’ ketika membeli sebuah produk barang elektronika? Jika Saudara mencermati isi di dalamnya, pada umumnya semua berisikan janji menuju kepuasan (satisfaction), dan ketentuan yang harus dipenuhi  konsumen. Pihak produsen pun menjamin bahwa saudara akan mendapatkan janji kepuasan tersebut jika telah mengenal semua informasi dengan jelas tentang kelebihan (benefit), maupun kemampuan produk (feautures), dari kartu petunjuk pemakaian! Dan telah pula dibubuhi stempel agen penjualan, jika tidak, maka ketentuan garansi  biasanya batal atau  tidak berlaku.
Dalam kitab Kejadian pasal 9, sejak awal ayat pertama hingga ayat ke-17 menuliskan tentang: “Perjanjian Allah dengan Nuh”. Pertama sekali Allah memberkati manusia supaya beranak-cucu, memenuhi bumi, serta kemudian menguasainya (ay.1 & 2).  Kemudian Allah yang luar biasa baiknya menorehkan tanda busur  yang Tuhan taruh di atas awal sebagai tanda perjanjian dengan segala mahluk di bumi (ay.13) - bukti Kasih dari perjanjian yang kita terima terima dari Tuhan Allah Ia bubuhkan lewat tanda Pelangi, itu berlaku hingga hari ini, bahkan sampai selama-lamanya Tuhan Allah senantiasa berpegang teguh akan setiap janji-Nya. Ketika Saudara mengatakan bagaimana saya harus percaya, itukan jadul (zaman dulu), sekarang era global, atau mungkin Saudara mulai ragu bahwa semua yang Allah janjikan  kepada Nabi Nuh nenek moyang kita waktu dulu sampai hari ini belum saya alami? 
Saudaraku yang kekasih di dalam Tuhan Yesus, jaminan itu belum berubah. Allah sendiri berjanji di dalam ayatnya yang ke-16, “Jika busur itu ada di awan, maka Aku akan melihatnya, sehingga Aku mengingat perjanjian-Ku yang kekal antara Allah dan segala mahluk yang hidup, segala mahluk yang ada di bumi.” Firman Tuhan.
Saat ini jika perjanjian Allah sepertinya belum Saudara rasakan, mulai ada keragu-raguan melanda kepercayaanmu, hidup selalu salah terus-menerus, itu kehendak Iblis! Bukan tangan Tuhan yang kurang panjang untuk menolong Saudara, tetapi mungkin ada dosa tersembunyi yang menghalangi hubungan Saudara dengan Tuhan (Yes. 59), membuat ketentuan garansi dari setiap janji-janji Allah itu belum Saudara alami; namun ketahuilah, ketika kita berjalan satu langkah menghampiri Tuhan, ia sudah berjalan tujuh langkah menghampiri Saudara. Semua janji berkat dan kelimpahan adalah bagian dari hidup orang yang percaya ( Baca: Kitab Maz. 133; Ams. 10: 22, 11: 11; I Pet 3: 9; Ibr 6: 14). Mari ikutilah petunjuk Firman Allah. Tunduklah kepada ketentuan-Nya, pliharalah kekudusan sebagai syarat utama bagi setiap pelayan Kristus, dan nikmatilah layanan Kasih-Nya. Jangan lupa, mintalah tanda dari Roh Kudus untuk mendapatkan dukungan kekuatan penuh (Powerfull), di dalam melaksanakan tugas dan panggilan yang Tuhan taruh atas hidup Saudara saat ini. Rasakan setiap janji-janji Allah. Tuhan Yesus memberkati. Amin !


“Ketika kita menagih janji, Ia bahkan  memberi bukti!”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Warta 4 Juli 2010


WARTA JEMAAT - MINGGU 04 JULI 2010
1.         SAKRAMEN BAPTISAN KUDUS
Hari ini akan diadakan Sakramen Baptisan Kudus kepada :
a.       Christian Moses Dimithree Sihole, putra dari Bpk. Bilmer Sihole/Ibu S. Rawati Sinaga anggota jemaat Wil. IV alamat Jln. A. Cendrawasih No. 66 RT 016/03 Jakarta Barat.
b.      Elvaretta Amabel Aurellia br. Simbolon, putri dari Bpk. Daniel Simbolon/ Ibu Dumaris br. Hutabarat, anggota jemaat Wil. VIII alamat Kav. DKI Jln. H. Brits RT 002/05 No. 17 Jakarta Barat.
c.       Zepanya Putri Kartini br. Sinaga, putri dari Bpk. Kollin Sinaga/Ibu Nurita br. Sagala, anggota jemaat Wil. VI alamat Jln. Kemanggisan Gang T2 RT 005/10 No. 51 Jakarta Barat.
2.           PERNIKAHAN
Pengumuman I : Akan menerima pemberkatan nikah Sdr. Sabam Fredy Siagian, S.Sos putra dari Bpk. St. Drs. Constantin A. Siagian/Ibu Nursia br. Simanjuntak anggota jemaat Wil. II alamat Jln. Way Seputih IV No. 3 RT 003/01 Komp. Pengairan dengan tunangannya Hendrika Margie Tiurma Dogu br. Simanjuntak, SE putri dari Ny. St. B. Simanjuntak br. Sitorus alamat Jln. Mayor Jend. Sutoyo No. 49 Yogyakarta. Pemberkatan Nikah akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Juli 2010 pukul 09.00 WIB di Gereja HKBP Jatiwaringin Jakarta Timur.
3.              RETREAT REMAJA HKBP SLIPI
Sejak hari Jumat tgl 2 Juli s/d hari ini 4 Juli 2010, Remaja HKBP Slipi mengadakan Retreat TEKAPA (Temu Kasih Anak Pilihan Allah) di Puncak Villa Cherry Cipanas Jawa Barat, yang dipimpin oleh Pdt. Melfa br. Simarangkir, S.Th dan Paniroi Remaja St. V.H. Simatupang. Marilah kita doakan agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.
4.           RAPAT SINTUA
Pendeta Ressort HKBP Slipi mengundang seluruh SINTUA untuk mengikuti Rapat Sintua yang akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 6 Juli 2010 pukul 19.00 WIB, rapat tersebut akan membahas tentang Evaluasi Kerja Sintua. Sermon Parhalado dimajukan, masuk pukul 18.00 WIB. Warta ini menjadi pemberitahuan resmi.
5.              KEBAKTIAN / SERMON  PUNGUAN  USIA INDAH
a.          Hari Rabu, 07 Juli 2010 akan diadakan Kebaktian Usia Indah, bertempat di Gereja HKBP Slipi mulai pukul 16.00 WIB. Warta ini mengingatkan dan mengajak Bapak/Ibu yang lanjut usia, untuk menghadiri kebaktian tersebut. Pembacaan Firman Tuhan dari Kolosse 3:12– 14.
b.          KEBAKTIAN PADANG : Kebaktian Padang LANSIA direncanakan pada hari Rabu tanggal 21 Juli 2010 di Taman Impian Ancol Jakarta Utara pukul 10.00 WIB. Untuk itu dihimbau kepada jemaat LANSIA yang ingin ikut serta dapat mendaftar ke Sekretariat mulai hari ini sampai tanggal 14 Juli 2010.
6.          PEMBAGIAN BUKU “MENDEKATLAH KEPADA ALLAH”
Sesuai Hasil Rapat Huria HKBP Slipi Tahun 2010; bahwa Gereja akan memberikan buku yang berjudul “Mendekat Kepada Allah” sebagai buku bacaan atau renungan harian bagi setiap keluarga. Pendistribusian buku tersebut, dapat diambil di kantor Sekretariat HKBP Slipi atau melalui sintua wilayah masing-masing. Namun khusus kepada anggota jemaat wilayah V (Parserahan) diharapkan mengambil langsung ke Kantor Sekretariat. Kiranya buku bacaan tersebut memperkaya pengetahuan kita tentang Firman Tuhan sebagai Dasar Pedoman Hidup Orang Percaya.
7.            ASURANSI PERLINDUNGAN KELUARGA
Premi Asuransi HKBP Slipi sebanyak 1.493 orang @ Rp. 35.000,- =  Rp. 52.255.000,- (Lima puluh dua juta dua ratus lima puluh lima ribu rupiah) telah dibayarkan pada hari Selasa tgl 22 Juni 2010. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kepada anggota jemaat yang belum melunasi iuran untuk tahun 2009 dan tahun 2010 sebagaimana yang disepakati sebesar Rp. 125.000/per KK tersebut,  mohon kiranya  dapat melunasinya.
8.              SENSUS/DATA  ULANG  ANGGOTA  JEMAAT  HKBP  SLIPI
a.          Untuk mendukung Program Penatalayanan HKBP Pusat Tahun 2010, dihimbau kepada seluruh anggota jemaat untuk bersedia mengisi formulir/database yang dapat diambil di Kantor Sekretariat HKBP Slipi.
b.           Kepada anggota jemaat yang telah menerima pemberkatan nikah sejak Tahun 2009 yang belum mendaftar ulang agar segera mendaftar ulang ke kantor Sekretariat HKBP Slipi untuk didaftarkan pada Asuransi.
9.           JAMUAN  KASIH
Jamuan kasih setelah kebaktian Minggu, 04 Juli 2010 diberikan oleh Kel. Bilmer Sihole/ br. Sinaga anggota jemaat wilayah IV sebagai ucapan syukur Anak Baptis. Gereja sangat terbuka untuk menerima  pemberian Jamuan Kasih dari anggota jemaat, akan tetapi; untuk menjaga ketertibannya diharapkan kepada anggota jemaat yang berminat memberi Jamuan Kasih pada minggu berikutnya, sebaiknya menghubungi langsung ke Kantor Sekretariat HKBP Slipi atau melalui telepon Gereja (021) 5493686.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS